Assesmen Madrasah (AM) MI Darun Najah II Tahun 2023

 

            Asesmen Madrasah (AM) merupakan Penilaian Sumatif yang dilaksanakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh madrasah. MI Darun Najah II menyelenggarakan AM sejak hari Senin tanggal 13 Mei hingga tanggal 17 Mei 2023, diikuti oleh 33 siswi kelas enam.

Saat ini pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya Ujian Madrasah (UM), Pengawas ruangan adalah guru dari MI Darun Najah II sendiri, untuk AM tahun ini pengawasnya silang antar MI se Kecamatan Banyuwangi, sehingga siswi merasakan suasana yang berbeda mengerjakan soal-soal asesmen dengan didampingi pengawas dari madrasah lain. Hal ini dilakukan agar siswi lebih disiplin, jujur  dan sportif dalam melaksanakan asesmen. Setiap ruang yang maksimal terdiri dari  20 siswa hanya didampingi oleh 1 orang pengawas ruangan sesuai dengan SK Dirjen Pendis no 901 tahun 2023 tentang SOP penyelenggaraan Asesmen Madrasah tahun pelajran 2022/2023.

Pengawas madrasah Kecamatan Banyuwangi Saerofi dalam kunjungan supervisinya menyampaikan bahwa Asesmen ini tidak hanya mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dan sebagai syarat kelulusan peserta didik saja, akan tetapi hasil asesmen harus menjadi umpan balik untuk perbaikan pembelajaran di MI Darun Najah II ke depan. (Eni)