Menumbukan Karakter peserta didik harus dilakukan sejak dini, peran orang tua dan guru sangat penting dalam pertumbuhan potensi dan karakter siswa. Penguatan karakter Pelajar Pancasila bagi  peserta didik dapat diperoleh dengan pembelajaran dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar. MI Darun Najah II memperingati Hari Pahlawan dengan kegiatan yang dapat menjadikan semua siswi interaktif, sebagai salah satu cara pembentukan karakter kebangsaan yang kuat.

Hari ini Rabu tanggal 10 Nopember 2021. MI Darun Najah II menyelenggarakan peringatan Hari pahlawan, dalam peringatan hari pahlawan ini diisi dengan pembacaan tahlil untuk para pejuang yang telah gugur mendahului kita, khususnya para pendiri yayasan Darun Najah. Menceritakan perjuangan arek-arek Surabaya pada peristiwa 10 Nopember 1945, juga tentang Allohuyarham KH. Harun Abdulloh sebagai pendiri Yayasan Darun Najah yang juga ikut berjuang pada pertempuran 10 Nopember di Surabaya.

Selanjutnya setiap kelas menyajikan penampilan menyanyikan lagu-lagu nasional. Dengan kreativitas masing-masing kelas bernyanyi dengan penuh semangat, dilengkapi dengan accesoris yang berbeda-beda. Yang menarik adalah, sehari sebelum pelaksanaan Hari Pahlawan, siswi diberikan tugas membaca dan mempelajari perjuangan para pahlawan di Indonesia. “Kemudian kami membuat kuis berhadiah, siswi yang dapat menjawab pertanyaan kuis dengan benar diberikan hadiah” ucap Ustadz Imam Zurkoni , S. Pd selaku Ketua Panitia (majidah)