Mengenal Habitat Hewan Dan Tumbuhan Dengan Outdoor Learning Siswi MI Darun Najah II

Untuk meningkatkan motivasi dalam belajar mengenal dan mencintai lingkungan alam, Siswi MI Darun Najah II kelas 1 dan 2 melakukan kegiatan Outdoor Learning dengan mengenal habitat hewan dan menanam mangrove Jum'at (17/02/2023).

Kegiatan ini dilakukan di dua tempat yaitu di pantai Pulau Santen dan di Akbar Zoo. Kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah mengatakan bahwa kegiatan outdoor learning atau pembelajaran di luar kelas penting dilakukan agar siswa mendapatkan pengalaman belajar dengan mengetahui objek yang mereka pelajari secara langsung dan nyata, sehingga siswi lebih mudah memahami materi yang diajarkan. 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 98 siswi. Di Akbar Zoo mereka diajak untuk lebih mengenal habitat hewan serta mengenal karakteristik beberapa jenis hewan yang ada di area Akbar Zoo. Mereka juga diberi kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan menyentuh serta memberi makan hewan-hewan tersebut. Tentunya atas izin dari petugas.

Di tempat terpisah, siswi diberikan edukasi tentang lingkungan pantai serta menanam mangrove di sekitar pantai Pulau Santen. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Santen Slamet Efendi memberikan apresiasi dengan memperbolehkan siswi memberikan nama pada setiap pohon yang ditanam dengan nama masing-masing siswi. Sehingga kelak mereka bisa melihat perkembangan pohon mangrove yang telah mereka tanam. Lebih lanjut Slamet Riyadi menyampaikan kegiatan ini juga menjadi contoh dan  motivasi bagi warga di pulau santen agar menjaga kelestarian alam yang ada di daerah pantai khususnya dari abrasi, apalagi wilayah kami di daerah pesisir. (Eni)