Gali Potensi Siswa MI Darun Najah II Melaksanakan Test IQ, Bakat Minat

 

MI Darun Najah II tak henti-hentinya berupaya menggali potensi siswi, selain membuka berbagai kegiatan Ekstra Kurikuler sebagai wadah pengembangan potensi siswi. Bekerjasama dengan Widya Wiwaha, MI Darun Najah II berusaha mengetahui kemampuan khusus, bakat minat, kepribadian, kecerdasan, dan aspek lainnya yang dimiliki oleh siswi dengan melaksanakan test tingkat kecerdasan (IQ), Bakat Minat (BM), dan test fingerprint. Setelah pelaksanaan test dan menerima laporan hasil test, wali murid diberikan kesempatan berkonsultasi Rabu (14/03/2023).

Hal ini sejalan dengan Kegiatan yang harus dilakukan oleh madrasah Ramah Anak (MRA) yaitu melibatkan orang tua dan anak untuk mewujudkan Madrasah Ramah Anak, mengikutsertakan orang tua sejak tahap persiapan dan dalam praktik-praktik MRA termasuk pendisplinan di keluarga sebagai rumah pertama anak akan menjadi hal yang sangat menentukan keberhasilan MRA. 

Kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah menyampaikan bahwa madrasah perlu mempunyai data kemampuan setiap siswa sebagai dasar dalam hal memberikan bentuk pembelajaran dan pengembangan diri agar lebih tepat, sehingga potensi diri pada siswa dapat dikembangkan maksimal hingga mencapai prestasi. Hasil Test juga berguna dalam rangka mengambil kebijakan untuk kepentingan bimbingan, pengarahan dan motivasi bagi siswa, khususnya bagi siswa inklusi.

Salim Thahir, S. Pd Kordinator Tester Widya Wiwaha cabang Banyuwangi menyampaikan bahwa salah satu manfaat test IQ bagi madrasah adalah untuk mendukung kebijakan Madrasah antara lain dalam membentuk kelas unggulan, kelompok belajar, dan penyusunan skala prioritas bagi kemajuan siswi secara umum, juga  (Eni).