Pesantren Ramadhan MI Darun Najah II Banyuwangi Tahun 1444H/2023M

 

            Sesuai Surat Edaran Dirjen Pendis No B-1119/DJ.I/DT.I.I/ PP.00/03/2023, kegiatan pembelajaran selama bulan Ramadlan diarahkan untuk peningkatan keimanan, ketakwaan, pendalaman, pemahaman, dan keterampilan ibadah. Kegiatan Pesantren Ramadlan di MI Darun Najah II dilaksankan selama 3 hari sejak hari Senin tanggal 3 hingga 5 April 2023 di Masjid Darun Najah yang diikuti oleh 219 siswi yang seluruhnya perempuan. Oleh karena itu siswi diberikan materi-materi agama yang disertai dengan praktik ibadah seperti Wudlu, sholat, dan tahsinul Qur’an.

Kegiatan paling menarik dan ditunggu-tunggu oleh siswa setiap Pesantren Ramadlan adalah kegiatan Outbond yang dipandu oleh adik-adik Saka Wanabakti dari SMAN 1 Rogojampi. Kegiatan Outbond yang variatif, menantang, dan melatih kesabaran dan ketelititian ini menggugah Pengawas madrasah Badrus yang hadir saat itu untuk ikut serta dalam euforia outbond dengan mencoba berbagai permainan yang dilakukan siswi.

MI Darun Najah II juga telah memiliki Badan Amil Zakat yang disahkan oleh LazizNU Banyuwangi diketuai oleh Ustadz Nasrudin. Zakat yang terhimpun dari siswi dan guru sebanyak 361,5 kg dan telah didistribusikan semua kepada fakir miskin disekitar madrasah, anak yatim dan sebagian amil yang berhak menerimanya.  Selain Zakat, siswi juga melaksanakan kegiatan berbagi takjil dengan membagikan makanan dan minuman di sekitar jalan Panglima Sudirman. “Kegiatan ini untuk melatih siswi agar gemar bersedekah terutama saat bulan Ramadlan” kata Majidatul Himmah, kepala MI Darun Najah II Banyuwangi.

Pada hari terakhir Kegiatan Pesantren Ramadlan, dilaksanakan Cerdas Cermat, Nuzulul Qur’an yang diisi kegiatan Khotmil Qur’an dengan menghatamkan 30 Juz. Kemudian buka bersama dan sholat Tarawih serta diakhiri dengan pembagian hadiah bagi santri teladan. (Eni)