MI Darun Najah II Banyuwangi, Merajut Ke-Bhinekaan Dalam Pramuka

Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah II yang terletak di Kelurahan Tukangkayu Kecamatan Banyuwangi, secara kebetulan letaknya di permukiman yang dihuni berbagai etnik dan agama. Beberapa meter dari MI Darunnajah II, terdapat rumah ibadah dari beberapa Agama, seperti Pura Jagad Girinata, Gereja HKBP, juga ada TK Panca Darma.

Pada kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) yang dilakukan, tepatnya pada tanggal 20 – 21 Mei 2023, Pangkalan 01-70 Banyuwangi MI Darun Najah II mengadakan silaturahim ke Gereja HKBP dan Pura Girinatha.

Kepala MI Darun Najah II, Majidatul Himmah menyampaikan bahwa, MI Darun Najah II Banyuwangi semua muridnya adalah putri, sedangkan untuk siswa putra di Darun Najah I. Tujuan kegiatan itu agar anak-anak lebih memahami tentang perbedaan dan saling menghormati. Dalam kesempatan tersebut, anak-anak diberi kesempatan untuk bertanya, bahkan pertanyaan tentang kepercayaan dan keyakinan. “Tentang kepercayaan Agama lain, kita menghormati meskipun tidak mempercayai” kata Majidatul Himmah.

Begitu juga dengan pemangku pada Pura Girinatha, menyampaikan tentang keberadaan Pura yang sudah sangat lama berdiri. Siswa juga diberi pengarahan tentang tempat-tempat yang disucikan dan tidak boleh disentuh sembarangan.

Lebih lanjut Majid menyampaikan, sebagai bangsa yang menghargai Kebhinekaan, dirinya ingin mengajarkan praktik toleransi dan Moderasi kepada siswanya, kapan dan dalam hal apa kita dengan umat lain dapat melakukan kegiatan bersama dan dalam hal apa kita tidak diperkenankan untuk ikut didalamnya. “Perbedaan keyakinan bukan penghalang bagi kita untuk hidup berdampingan dalam satu lingkungan” kata Majid. merajut kebhinekaan dalam pramuka

Pendeta Tumpa dari Gereja HKBP menyampaikan terima kasih atas kunjungannya. Lebih lanjut, Pendeta yang sudah dua tahun bertugas di Banyuwangi itu, menjelaskan jika Gereja HKBP di Kabupaten Banyuwangi hanya ada satu Gereja, mengingat tidak terlalu banyak suku Toraja di Banyuwangi.