Siswi MI Darun Najah II Asah Kemampuan Menulis

 

Menulis bukanlah hal yang mudah, terutama bagi pemula. Untuk dapat mengeksplorasi kemampuan literasi siswi khususnya dibidang menulis, MI Darun Najah II melaksanakan kegiatan Pelatihan Menulis bagi siswi Rabu (21/06/2023) dengan narasumber dua orang pentolan Lentera Sastra H. Syafaat dari Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi dan Nurul Lutfia Rohmah guru Bahasa Indonesia MAN1 Banyuwangi.

Lutfi menyampaikan bahwa sebelum menulis ada 4 hal yang harus dipersiapkan yaitu ada niat untuk menulis, menulis ditempat yang tepat, temukan apa yang akan ditulis serta membuat rancangan tulisan. Dalam kegiatan ini Lutfi banyak berinteraksi dengan mengajak siswi menuliskan pengalaman sehari-hari di rumah hingga tersusun minimal 17 kalimat, diluar dugaan ternyata banyak siswi yang dapat menuliskan lebih dari 25 kalimat dalam waktu beberapa menit saja.

“Ternyata siswi MI Darun Najah II Banyuwangi sangat berbakat dalam menulis”, kata Lutfi

Sebagai tindak lanjut, siswi diberikan tugas untuk membuat tulisan di rumah. Yang dikumpulkan beberapa hari berikutnya. Tulisan-tulisan tersebut akan dirangkum dalam sebuah buku, yang diharapkan dapat memberikan motivasi bagi siswa untuk menjadi penulis handal.

 Dalam kesempatan ini Syafaat memberikan motivasi kepada siswi bahwa menulis itu sangat penting, karena seseorang akan dikenal dan dikenang melalui karya tulisnya. “Kita mengenal berbagai ilmu pengetahuan dari para ilmuwan dari para penulis, jika kita ingin dikenal, maka menulislah” kata Syafaat.

Kepala MI Darun Najah II Majidah berharap dengan pelatihan ini akan mengikis rendahnya keinginan menulis dikalangan siswi MI Darun Najah II dan dapat menjadi motivasi untuk mau memulai menulis, sehingga kedepan muncul siswi yang mempunyai kemampuan menulis dan akan ditindak lanjuti dengan bimbingan sehingga mereka mampu menghasilkan karya tulis yang baik dan berkualitas. (Eni/Syaf)