MI Darun Najah II Bangun Karakter Siswi Baru Melalui MATSAMA

MI Darun Najah II Banyuwangi diramaikan dengan kedatangan kendaraan wali murid yang mengantar siswi baru untuk memulai ajaran baru Senin (17/07/2023). Kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah memulai kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) dengan menyapa hangat siswi baru dan memperkenalkan para tenaga pendidik dan kependidikan si sekolah tersebut.

  “Lebih dari sekedar salam perkenalan, Matsama kali ini juga mengajak siswi baru untuk memperkenalkan diri serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk berani tampil dihadapan semua orang. Mereka yang berani memperkenalkan diri bahkan mendapatkan hadiah special sebagai bentuk apresiasi atas keberanian mereka. Selain itu, dalam kesempatan tersebut disosialisasikan pula Visi Misi, dan Tujuan madrasah agar semua siswi mengetahuinya” kata majidatul Himmah pada media ini Jumat (20/07/2023).

 Hari pertama Matsama, siswi baru kelas 1 diajak belajar untuk mengenal lingkungan sekitar komplek Yayasan Darun Najah. Kebersihan menjadi salah satu hal yang sangat ditekankan madrasah tersebut. Para siswi baru sangat terkesan melihat toilet yang bersih dan wangi serta penerapan Cuci tangan pakai sabun dan cara menggunakan WC duduk dengan benar yang dicontohkan oleh ustadzah Ika Rahmawati guru kelas 1B. “Madrasah ini juga memiliki westafel di setiap kelas sebagai upaya untuk membiasakan siswi dalam menjaga kebersihan. Pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama MI Darun Najah II. Di lingkungan madrasah ini, tidak akan ditemukan siswi yang makan sambil berdiri. Hal ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter yang diutamakan di sekolah ini”, jelasnya.

Kegiatan hari pertama Matsama diakhiri dengan silaturrahim dan memohon didoakan pada KH. Latif Harun, pengasuh pesantren Darun Najah.

Kegiatan Matsama hari kedua tidak kalah seru, siswi diajak belajar Olah Raga dan Dinamika kelompok di lapangan bersama guru olah raga dan pembina pramuka. Selain itu juga diajarkan cara makan dan doa sehari-hari.

Memasuki hari ke 3 siswi diperkenalkan dengan pembelajaran diniyah yang meliputi Baca Tulis al Qur’an (BTA) serta berbagai pembiasaan mulai senyum, sapa, salam, praktek wudlu, praktek sholat Dluha dan Tahfidz. Semua ini diharapkan menjadi kebiasaan sehari-hari yang harus mereka lakukan di madrasah.

Dengan adanya kegiatan Matsama ini diharapkan siswi baru mengenal lingkungan pendidikan madrasah lebih baik, merasa bangga sebagai siswi madrasah, terus memotivasi diri untuk mengikuti semua program yang diselenggarakan madrasah dan yang tidak kalah penting adalah untuk membangun karakter yang baik. MI Darun Najah II bertekad untuk mencetak generasi muda yang berintegritas, bermoral, dan memiliki kepribadian yang kuat melalui pendidikan berbasis karakter.