Santunan Anak Yatim dan Piatu MI Darun Najah II Banyuwangi

 

Sebagai rutinitas pada setiap bulan Muharrom, MI Darun Najah II mengadakan Santunan anak yatim dan piatu dengan menggalang dana dari siswi, wali murid, guru, dan para dermawan. Hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada siswi untuk membiasakan diri bersikap empati dan peduli terhadap anak yatim. Jumat (28/07/2023) tepat tanggal 10 Muharram diberikan santunan untuk 9 siswi Yatim dan 3 siswi piatu.

Sehari sebelum santunan diberikan, tepatnya tanggal 9 Muharrom, seluruh siswi disunnahkan untuk melaksanakan puasa Tasu’a dan Asyuro pada tanggal 10 Muharrom. Kantin madrasah juga tidak melayani makanan dan minuman untuk menghormati siswi yang sedang berpuasa. Dalam kegiatan ini panitia berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 7.450.000,00 langsung ditsharrufkan untuk anak yatim dan piatu.

MI Darun Najah II berupaya untuk membantu siswi yatim untuk dibebasklan dari semua biaya pendidikan. Keluarga Yayasan Darun Najah membentuk lembaga Darul Aitam untuk mengakomodir anggota keluarga yang ingin membantu siswi yatim. Darul aitam Darun Najah tidak hanya memberikan berupa materi, akan tetapi juga mengajak anak yatim melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti Cooking Class, field trip, berbelanja, serta memberikan game-game pada setiap pertemuan.

 Ma’mulah Harun pengurus Yayasan Darun Najah dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tanggal 10 Muharram ada beberapa hal-hal yang sunnah jika dilakukan diantaranya yaitu menyantuni anak yatim, pahalanya akan berlipat ganda bahkan dalam hadits nabi Muhammad SAW disebutkan bahwa orang yang merawat anak yatim akan sangat dekat dengan Nabi SAW di Surga sebagaimana dekatnya jari tengah dan jari telunjuk yang hamper tak pernah terpisahkan (Eni)