Juri  Cilik Dalam Lomba Puisi Dan Menyanyi MI Darun Najah II Banyuwangi

 

Menjadi juri dalam lomba Puisi dan menyanyi mungkin hal yang mustahil bagi siswi kelas 3 MI. Akan tetapi tidak begitu bagi siswi MI Darun Najah II. Dalam kegiatan Ekstra kurikuler Sabtu (12/08/2023), dimomen bulan Agustus ini diadakan lomba puisi dan menyanyi khusus bagi siswi yang mengikuti ekstra kurikuler Puisi. Siswi yang sudah mampu Puisi dan menyanyi dengan baik dan sering menjadi juara diberi tugas menjadi juri cilik yang akan menilai teman-temannya yang menjadi peserta lomba.

Sebagai juri menyanyi Aulia Izzatun Nisa kelas 4 dan Berlian Ramadhani kelas 3, sedangkan juri Puisi Siti Rohimah Elbahiroh dan Adelia Corina kelas 5. Mereka telah beberapa kali menjadi juara dalam lomba yang diikutinya, baik ditingkat Kecamatan maupun ditingkat Kabupaten.

Menggali potensi siswi tidak hanya dengan materi memberikan materi puisi saja akan tetapi penting juga bagi siswi yang sudah mampu dibidangnya untuk mengembangkan kemampuan bidang penjurian. Begitu kata kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah saat menerima laporan dari juri cilik tentang hasil penilaiannya.

“para siswa tidak hanya diajarkan bagaimana mereka menjadi peserta, kegiatan, namun juga sebagai panitia dan juga juri dalam kegiatan tersebut” kata Majid.

Lebih lanjut Majid menyampaikan bahwa dari hasil laporan juri cilik ini, mereka juga professional untuk menjadi juri dari teman-temannya, tidak ada keberpihakan dengan para peserta. Mereka mampu menjelaskan bagaimana keunggulan peserta yang menjadi pemenangnya.

MI Darun Najah II beberapa tahun terahir menggiatkan ekstrakurikuler dibidang pengembangan bakat dan minat, terutama dibidang seni. Untuk seni baca puisi dan menyanyi dipercayakan kepada sanggar merah putih 45 pimpinan Agus Wahyu Nuryadi, sedangkan dipidang karya tulis MI Darun Najah II menggandeng Lentera Sastra.

Selain lomba dibidang seni, pada bulan Agustus ini juga terbit Buku Karya Tulis siswa dari pelatihan yang dilaksanakan bersama Lentera Sastra, yang diharapkan menjadi pelecut bagi siswa untuk terus mengembangkan bakat dan minat dibidang literasi dan sastra.(Eni)