MI Darun Najah II Launching Buku Karya Tulis Siswi

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi kembali menabuh genderang literasi dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Kamis (17/08/2023) Dr. Moh. Amak Burhanudin melaunching Gerak Literasi Siswa Madrasah dengan melepas balon.

Launching literasi Siswa Madrasah ditandai dengan penerbitan beberapa buku yang disusun siswa mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah hingga Aliyah. Para siswa menyerahkan buku karyanya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, karya siswa Madrasah Ibtidaiyah diwakili Luvena Almaira Islahi, dari MI Darun Najah II Banyuwangi sedangkan buku karya siswa MTs dan MA diwakili Iza Karnavila dan Rusmalia Susanti dari MAN 3 Banyuwangi.
           Amak menyampaikan bahwa tema peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, melaju untuk Indonesia maju sebagai pelecut insan Kementerian Agama untuk memajukan literasi. “hari ini kita launching digital kemangi dan literasi siswa madrasah dalam momentum hari istimewa bagi bangsa Indonesia” kata Amak.

Lebih lanjut Amak menyampaikan bahwa senangat kemerdekaan salah satunya adalah menyiapkan generasi penerus bangsa untuk masa depan bangsa.

Ketua Komunitas Lentera Sastra Syafaat menyampaikan bahwa pelatihan untuk siswa saat ini mulai dilakukan untuk Madrasah Ibtidaiyah.
“respon anak-anak untuk menulis sangat bagus dan sudah terbit buku” kata Syafaat.

Gerak literasi yang dilakukan insan Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi bukan hanya dapat menggerakkan literasi dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, namun juga para penulis di Kabupaten Banyuwangi serra merambah ke seluruh Indonesia. (Syaf)