Giat membaca Siswi MI Darun Najah II kunjungi Festival Literasi

Seiring sejalan dengan Gerakan Literasi Madrasah, siswi MI Darun Najah II mengunjungi Sepekan Festival Literasi yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah daerah kabupaten Banyuwangi Jum’at(26/05/2023). Selain pameran buku, bazar UMKM, juga dipamerkan beberapa ornamen bersejarah yang berasal dari beberapa wilayah yang ada di kabupaten Banyuwangi yang bisa menjadi sumber belajar bagi siswi.

Sejumlah 219 siswi dibagi dalam 2 sesi, masing-masing sesi 100 siswa secara bergiliran dipandu untuk mengenal berbagai koleksi yang ada di dalam ruang perpustakaan dan diberi kesempatan untuk membaca koleksi buku. "Dengan ikut serta dalam festival ini diharapkan anak-anak lebih mengenal perpustakaan dan apa saja yang tersimpan didalam ruang perpustakaan, selain itu juga membiasakan anak-anak untuk berliterasi dengan gemar membaca". Ujar Mohamad Saerofi, pengawas madrasah kecamatan Banyuwangi yang ikut hadir dan dengan senang hati mendampingi siswi dalam mengoperasikan computer untuk membaca buku digital yang disediakan perpustakaan. Terlihat para siswi sangat antusias dan lebih bersemangat untuk membaca buku digital.

Ramadian Pungkas Laksana, staf IT perpustakaan menjelaskan bahwa tujuan diadakan Festival ini adalah untuk mencukupi dan meningkatkan tiga indikator, diantaranya meningkatkan jumlah pengunjung, keanggotaan dan pemanfaatan koleksi buku. Koleksi buku yang disediakan berupa buku cetak maupun buku elektronik. Disini juga tersimpan beberapa ornamen-ornamen bersejarah yang berasal dari beberapa wilayah yang ada diseluruh daerah Banyuwangi. Sehingga selain dalam bentuk buku mereka juga menyimpan beberapa bukti nyata dari sejarah dan peradaban yang ada di Banyuwangi.

Dalam acara festival ini, anak-anak dikenalkan dengan beberapa jenis buku mulai dari buku sejarah bangsa dan dunia, buku sastra modern dan tradisional, buku keagamaan, buku pendidikan, budaya, hingga buku yang bersifat hiburan. Buku-buku ini diperuntukkan untuk semua kalangan dari usia dini saat mereka baru belajar membaca hingga usia dewasa.

Beberapa siswi MI Darun Najah II terutama siswi kelas V antusias dan tertarik untuk menjadi anggota perpustakaan daerah. Mereka langsung mendaftar dibantu oleh petugas dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Mereka berharap bisa meminjam buku-buku koleksi perpustakaan daerah. Amel, salah satu siswi kelas V mengungkapkan bahwa ternyata membaca diperpustakaan lebih seru, karena buku yang disediakan lebih beragam dan suasana disana juga tenang.

Selain siswi, beberapa wali murid yang awalnya hanya berniat mengantar dan menunggui putrinya di festival literasi ini, mereka tertarik juga untuk ikut membaca dan mengamati beberapa koleksi yang dipamerkan oleh pihak perpustakaan. Majidah, Kepala MI Darun Najah II berharap setelah kunjungan di festival literasi ini, para murid tetap tertarik dan lebih gemar lagi serta lebih mencintai dunia membaca dan berliterasi. (Eni)