Petualangan Penaku MI Darun Najah Sampai di Perpusda Kab. Banyuwangi

 

Buku Petualangan Penaku karya siswi MI Darun Najah II kelurahan Tukangkayu Banyuwangi diserahkan oleh Kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi Senin (02/10/2023) diterima oleh pustakawan Yusuf Khoiri.

Buku yang berisi kumpulan cerpen siswi mulai kelas dua hingga kelas enam tersebut akan disimpan dalam perpustakaan daerah dan dapat dibaca siapapun yang berkunjung ke Perpustakaan Daerah. Yusuf menyampaikan bahwa dengan adanya buku tersebut di Perpusda, diharapkan menjadi motivasi bagi siswa MI atau SD untuk menjadi penulis sebagaimana siswi MI Darun Najah II Tukangkayu. “Awal yang baik bagi anak-anak untuk menjadi seorang penulis, semoga kedepan anak-anak ini dapat membuat buku sendiri, Perpusda siap menerima buku karya siswa lagi” kata Yusuf.

Kepala MI Darun Najah II Tukangkayu menyampaikan bahwa buku yang ditulis siswinya tersebut merupakan hasil pelatihan yang diselenggarakan dengan narasumber dari komunitas Lentera Sastra, para siswi dibimbing untuk berani menyampaikna cerita dalam bentuk  tulisan. “Ternyata anak-anak dengan bimbingan dua orang narasumber dari Lentera Sastra berani untuk menulis” kata Majid.

Lebih lanjut majid menyampaikan bahwa disamping diserahkan kepada Perpusda, buku juga akan disimpan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, karya ini merupakan karya pertama yang dilakukan ditingkat MI.

Ketua komunitas Lentera Sastra Syafaat menyampaikan bahwa benar buku ini merupakan buku pertama yang ditulis anak-anak MI. “Narasumber dalam penulisan tersebut yakni Nurul Luudfia Rochmah merupakan pengurus komunitas lentera Sastra” kata syafaat.

Syafaat berharap lebih banyak siswa madrasah yang berminat untuk menulis, baik fiksi maupun non fiksi. (ajid)