Ujian Praktek kelas VI MI Darun Najah II

 

      Ujian praktek adalah kegiatan penilaian pada siswa yang lebih menekankan aspek psikomotor, kecakapan, dan keterampilan. Sebagai syarat kelulusan siswi kelas 6 MI Darun Najah II melaksanakan ujian praktek pada mata pelajaran PJOK, Fiqih, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, SBDP,  dan alQur'an Hadits mulai Jum'at 20 Mei 2023 hingga satu minggu kedepan.

         Ujian praktek dilaksanakan untuk melengkapi hasil Asesmen Madrasah, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris siswa berpidato, Pada PJOK siswa melakukan lari, lompat, dan senam ritmik. Sebagai madrasah yang berada di lingkungan pesantren, MI Darun Najah II  mempunyai komitmen bahwa kemampuan bersuci, sholat, dan membaca alQur'an adalah kemampuan utama yang wajib dimiliki oleh setiap siswi. “Minimal 3 hal ini harus dikuasai oleh siswi MI Darun Najah II, madrasah harus dapat memastikan siswi mempunyai keterampilan berwudlu’, sholat, dan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sebelum meninggalkan bangku madrasah sebagai bekal kehidupannya kelak” begitu ucap Majidah kepala MI Darun Najah II.

Oleh karenanya Ujian praktek Fikih lebih difokuskan pada praktek bersuci dengan berwudlu dan praktek sholat, sedangkan  pada mata pelajaran alQur’an Hadits siswi harus dapat membaca alQur’an dengan tartil serta mengerti tajwidnya. Selain itu, sebagai syarat mendapatkan ijazah, siswi harus sudah dapat menghafal 3 surat pilihan yaitu surat Yasiin, al Waqiah, dan al Mulk.(Eni)