Asesmen  Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) MI Darun Najah II Banyuwangi

 

MI Darun Najah II melaksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) secara mandiri di madrasah dengan moda Semi online. Kegiatan ini diikuti oleh 29 siswi kelas 5 yang terbagi dalam 2 periode yakni periode 1 Senin-Selasa (2-3/10/2023) dan Periode 2 Rabu-Kamis (3-4/10/2023).

AKMI adalah bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada :

  1. Literasi membaca
  2. Literasi numerasi
  3. Literasi sains dan
  4. Literasi sosial budaya

AKMI telah berjalan sejak tahun 2020. Di tahun 2022 AKMI sukses dilaksanakan dan telah menghasilkan potret literasi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas 5 yang mencakup literasi membaca, numerasi, sains dan sosial budaya. Tahun lalu, sebanyak 11.601 Madrasah Ibtidaiyah (MI) berpartisipasi dalam AKMI 2022 tersebar di wilayah perkotaan hingga ke daerah 3T. Rapor AKMI untuk semua peserta AKMI MI telah digunakan sebagai dasar penyusunan kebijakan bagi stakeholders madrasah untuk terus bergerak maju memperbaiki mutu madrasah.

Pada tahun 2023, Kementerian Agama Republik Indonesia kembali melaksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) untuk mendiagnosis kemampuan literasi yang berguna secara berkelanjutan melalui berbagai mata pelajaran. Kepala MI Darun Najah II Majidatul himmah menyampaikan bahwa “ MI Darun Najah II selalu berusaha melaksanakan AKMI dengan sumberdaya yang kita miliki, untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan siswi sebagai rekomendasi dan dasar dalam penyusunan rancangan perbaikan pembelajaran ke depan” (Eni).