Imunisasi HPV Dalam Kegiatan Bias Di MI Darun Najah II Bamyuwangi

Para orang tua saat ini patut bersyukur karena pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan sudah mulai memberikan imunisasi HPV. Imunisasi HPV adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah kanker seviks yang disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papilloma Virus). Pencegahan kanker serviks karena HPV tipe 16 dan 18 melalui imunisasi, keberhasilannya dapat mencapai 100% jika diberikan sebanyak dua dosis pada saat anak perempuan berusia 9 -13 tahun. Oleh karena itu vaksin HPV diberikan khusus untuk siswi kelas V saja.

Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Hari ini Jum’at tanggal 16 September 2022. siswi kelas V MI Darun Najah II sebanyak 29 siswi mendapatkan vaksin HPV, Terlebih dahulu orang tua dan siswi telah diberikan sosialisasi dan berbagai penjelasan tentang vaksin HPV. Pada saat yang bersamaan kelas 1 juga mendapatkan vaksin MR yang dilaksanakan oleh petugas Puskesmas Sobo.

Hadir dalam kegiatan ini kepala Puskesmas Sobo Dadang Tripitoko, S. Kep. Beliau menyampaikan bahwa untuk siswi kelas 1 yang hari ini sedang sakit atau izin, harus dipantau pihak madrasah agar tetap melakukan vaksin susulan di pusat kesehatan yang sudah ditentukan yaitu di Puskesmas Sobo atau di BKIA kelurahan Tukangkayu setiap hari Rabu. Lebih lanjut Dadang menyampaikan bahwa imunisasi HPV jika dilaksanakan secara mandiri biayanya akan sangat mahal yaitu mencapai 1,3 juta setiap 1x vaksin, oleh karena itu gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Yang menarik pada kegiatan imunisasi kali ini, setiap siswi mendapatkan Kartu Imunisasi Anak Sekolah yang berisi catatan imunisasi yang sudah didapatkan oleh setiap siswa. kartu tersebut harus disimpan dengan baik oleh madrasah untuk imunisasi berikutnya dan nanti akan diberikan kepada siswi bersamaan dengan raport saat siswa telah lulus (Majidah)