Maryam bangun pagi-pagi sekali dengan penuh semangat, karena hari ini ada kegiatan kunjungan ke pameran buku bersama dengan orang tua dan guru. Dalam rangka hari aksara Internasional, pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2021, Dina Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur mengadakan Pameran buku di hotel El Royale Banyuwangi.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kabupaten yang membuka stand dengan memamerkan berbagai keunggulan daerah masing-masing.  

Walaupun beberapa stand sudah tutup, anak-anak tetap bersemangat berkeliling untuk melihat-lihat dan membaca berbagai buku yang dipamerkan, ada beberapa siswi yang membeli buku dengan arahan dari orang tuanya, karena dalam kunjungan ini, orang tua siswi juga banyak yang mendampingi. Hal ini dilakukan untuk mendukung kegiatan Literasi yang mulai digalakkan di Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah II Banyuwangi.

Ada satu hal yang menarik, yaitu siswi diberikan kesempatan untuk melukis patung gandrung dan patung barong dengan berbagai warna sesuai kesukaan mereka dengan alat dan cat yang sudah disediakan oleh panitia. Dengan diiringi musik dari group band beranggotakan kaum difabel,  anak-anak sangat menikmati kegiatan melukis dan hasilnya bisa dimiliki untuk dibawa pulang.

Kami tunggu pameran buku berikutnya.

Salam Literasi