Ajarkan Kemandirian MI Darun Najah Banyuwangi Adakan Kemah Widya Pramuka

 

Gugus Depan Banyuwangi 01-170 MI Darun Najah II Kelurahan Tukangkayu melaksanakan kegiatan Perkemahan Widya Pramuka, kegiatan ini dilaksanakan di Taman Widya Giri Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi- Kamis (27/09/2023). Diikuti oleh siswi kelas 4, 5, dan 6 sejumlah 85 siswi.

Perkemahan di luar madrasah merupakan pengalaman pertama bagi siswi MI Darun Najah II, karena selama ini perkemahan selalu dilakukan di lingkungan madrasah. Agar adik-adik lebih mencintai lingkungan alam, dalam kegiatan ini diberikan pengetahuan tentang pelestarian pohon jati dengan cara stek sekaligus praktek menanam dengan menghadirkan narasumber Rista Ayu Nia Wati penyuluh bidang pembibitan dari Cabang Dinas Kehutanan Banyuwangi.

Agar siswi lebih mengenal sejarah tokoh dari Banyuwangi, siswi diajak berziarah ke makam Sayu Atikah (yang diyakini ibunda Sunan Giri).  Kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah menyampaikan bahwa pada malam hari anak-anak kita ajak ke makam beliau dengan tujuan agar tidak ada rasa takut dalam kegelapan. “Kita ajarkan etika memasuki makam dan apa saja yang boleh dilakukan di pemakaman,kata Majid.

Dan yang paling berkesan bagi siswi adalah sarapan pagi dengan keseruan memasak sendiri, mulai menanak nasi, memasak sayur dan lauk pauknya kemudian mereka juga merasakan keseruan makan bersama diatas daun pisang. “Anak-anak kita ajarkan ketrampilan memasak untuk dinikmati sendiri, ” ungkapnya. Kepala MI Darun Najah II berharap kemandirian benar-benar diterapkan dlm kegiatan pramuka. (ajid)