Stop Bullying di Madrasah 

Bullying bisa terjadi dimana saja, bisa dirumah, disekolah, karenanya MI Darun Najah II Tukang kayu Banyuwangi melakukan kegiatan Sosialisasi anti bullying untuk siswa Sabtu (16/12/2023) di lantai 2 masjid Darun Najah yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan wali murid. 
       Kepala MI Darun Najah II menyampaikan bahwa penting bagi madrasah melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya bullying, salah satunya adalah dengan sosialisasi kepada siswi. Meskipun hampir tidak pernah ditemukan kasus bullying dalam bentuk fisik karena siswi MI Darun Najah II yang seluruhnya adalah perempuan, akan tetapi, penting untuk dilakukan sosialisasi, dengan mengingat bullying bukan hanya kekerasan fisik saja, tetapi juga kekerasan verbal.
"sosialisasi anti kekerasan kalimat maupun tulisan juga perlu dipahami" kata Majid.
Selain diisi Kepala Madrasah, kegiatan ini menghadirkan narasumber Fatmawati, kepala PAUD Cerdas Kelurahan Tukangkayu, beliau menyampaikan bahwa siswa harus berani melawan jika ada yang melakukan bullying.
Tanpa terasa 2 jam siswa asyik mengikuti kegiatan ini dengan diselingi menyanyi dan beberapa icebreaking sehingga siswi tidak merasa bosan. 
Lebih lanjut Majid menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilakukan agar siswa menghindari bullying, baik di madrasah maupun dilingkungan keluarga, namun upaya preventif tetap harus dilakukan menuju satuan pendidikan ramah anak.
MI Darun Najah II sudah beberapa kali mengikuti sosialisasi Anti Bullying  dan 2 orang guru telah mengikuti pelatihan tentang konvensi hak anak dan memperoleh sertifikat pelatihan.
Majid menyampaikan bahwa upaya menjadikan madrasah sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak terus dilakukan, begitu juga dengan peningkatan kemampuan para pendidik dalam memahami satuan pendidikan ramah anak.(mjd)