Pesantren Romadlon  MI Darun Najah II Banyuwangi Tahun 1445H/2024M

 

            MI Darun Najah II mengawali bulan Romadlon dengan Kegiatan Pesantren Romadlon. Kegiatan Pesantren Romadlon di MI Darun Najah II selalu dikemas dengan kegiatan yang  menarik, interaktif, dan menyenangkan walaupun tetap harus mengacu pada Surat Keputusan Dirjen  Pendis No 180.5/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2024 tentang kegiatan pembelajaran selama bulan Ramadlan setiap madrasah dapat menyelenggarakan program bimbingan ibadah Ramadhan dan penguatan kompetensi beragama. Kegiatan Pesantren Ramadlan di MI Darun Najah II dilaksanakan selama 4 hari sejak hari Selasa tanggal 13 hingga 16 Maret 2024 di Masjid Darun Najah yang diikuti oleh 230 siswi.

Dalam kegiatan Pesantren Romadlon tahun ini, siswi diberikan materi-materi agama seperti Puasa, wudlu, sholat, dan tahsinul Qur’an. Sebagai narasumber dalam kegiatan Pesantren Romadlon tahun ini antara lain KH Abdul Lathief Harun pengasuh pesantren Darun Najah yang memberikan materi tentang sholat. Nasrudin guru PAI memeberikan materi Tahsinul Qur’an serta Horis Widianto dengan materi puasa.

Kepala MI Darun Najah II menyampaikan “Pesantren Romadlon adalah kesempatan yang baik untuk memberikan materi ibadah kepada siswi, mulai dari wudlu’, sholat, dan tahsinul Qur’an, oleh karena itu 3 materi ini wajib diberikan pada siswi disertai dengan prakteknya, karena dalam beberapa bulan, pasti terjadi kemunduran cara ibadah pada beberapa siswi, oleh karena itu perlu kita update lagi”.

Selain materi agama, siswi juga diberikan materi akhlak melalui kegiatan nonton bareng (nobar) keteladanan kisah-kisah Nabi dan Rosul, serta kegiatan Outbond untuk melatih kesabaran, kerjasama, dan ketelititian siswi dengan berbagai pemainan yang variatif, menantang, dan menyenangkan, outbond adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua siswi.

Selain Zakat, siswi juga melaksanakan kegiatan berbagi takjil dengan membagikan makanan dan minuman di sekitar jalan Dr. Sutomo yang berasal dari sodaqoh siswi dan wali murid, kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih siswi agar gemar bersedekah terutama saat bulan Ramadlan.

Unuk mengukur daya serap siswi pada materi-materi yang telah diberikan selama pesantren Romadlon, dilaksanakan Cerdas Cermat, sebagai juara 1 adalah pewakilan kelas I yaitu Nur Khoirun Ilayya, Mumayyazah, dan Maziya. Kegiatan Pesantren Romadlon  diakhiri Khotmil Qur’an dengan menghatamkan 30 Juz. Kemudian buka bersama dan sholat Tarawih serta membaca surat al Mulk dan ditutup dengan pesta kembang api yang menambah semarak Ramadhan. (Eni)