Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) 03 Banyuwangi mengadakan acara Halal Bihalal dan pembinaan untuk tenaga pendidik, di Aula MTs Darun Najah, Senin (29/4/2024). Acara ini dihadiri oleh 207 tenaga pendidik dari 16 madrasah di 4 kecamatan, yakni Banyuwangi, Giri, Glagah, dan Licin.

Pertemuan guru ini merupakan yang pertama kali sejak KKMI 03 terbentuk dua tahun lalu. Tujuannya tidak hanya untuk mempererat tali silaturrahim, tetapi juga untuk membangun kerjasama dan saling berbagi pengetahuan guna kemajuan madrasah.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Caironi Hidayat, memberikan pesan kepada kepala madrasah dalam tausiyahnya, bahwa meskipun kepala madrasah boleh marah, namun tidak seharusnya berkepanjangan, karena kasih sayang yang langgeng membutuhkan suasana yang bebas dari tekanan.

“Kepala madrasah boleh marah, akan tetapi jangan berkepanjangan, karena tidak ada kasih sayang yang langgeng jika selalu ada tekanan,” tutur Roni.

Untuk menghibur peserta, ada penampilan da’i cilik Zulfa Chasna Cabibah dari MI Darun Najah II. Selain itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Dimyati, memberikan pembinaan tentang pentingnya senyum, sapa, dan salam antar sesama guru setiap hari di madrasah.

Acara ditutup dengan musafahah, saling bersalaman, dan ramah tamah, menambah kehangatan suasana. (Majidah)