Setelah hampir dua tahun kegiatan pramuka vacum karena pandemi covid-19, sejak bulan Pebruari 2022 Gugus Depan Banyuwangi 01-170 Pangkalan MI Darun Najah II telah memulai kegiatan ekstrakurikuler Pramuka setiap Sabtu sore. Siswa kelas V dan VI yang berusia 11 s.d. 15 tahun adalah anggota pramuka Penggalang. Tanda Kecakapan Umum (TKU) untuk Pramuka Penggalang adalah berbentuk sebuah janur yang terlipat dua dengan gambar manggar dengan warna dasar merah yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda regu. TKU ini hanya bisa didapatkan dengan menempuh SKU dengan jumlah 30 poin yang harus diujikan.

Untuk mengukur kemampuan anggota pramuka penggalang perlu dilakukan ujian penggalang ramu pada tingkatan yang paling awal, sebelum penggalang rakit, dan penggalang terap. Kegiatan Pelantikan Penggalang Ramu di MI Darun Najah II dikemas dalam bentuk kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu dan Minggu) yang dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Maret 2022.  Kegiatan ini dilaksanakan dengan konsep materi yang menarik, menantang, menyenangkan, dan edukatif. Materi ujian yang yang harus ditempuh  diantaranya : mendirikan tenda, upacara pembukaan, praktek ibadah, peta pita, mengenal tanda-tanda pengenal umum pramuka penggalang, olah raga, dinamika kelompok, dan masih banyak lagi materi yang lain.

Para peserta Persami sangat antusias, dari 87 peserta tak satupun yang terlihat lelah atau malas selama mengikuti kegiatan sampai akhir meskipun banyak aktifitas yang menguras tenaga, mereka benar-benar aktif sebagaimana jargon Pramuka tak kenal lelah. Kegiatan ini diakhiri dengan Upacara pelantikan sebagai puncak acara  yang dipimpin oleh Kakak Majidatul Himmah selaku kamabigus Gugus Depan Banyuwangi 01-170 Pangkalan MI Darun Najah II. Para peserta mengikuti pelantikan dengan memegang ujung hasduk di dada kiri sebagai lambang bahwa selama jantung masih berdetak, mereka akan tetap berpegang pada sumpah dan janji yang telah diucapkan.(majidah)